Mengunjungi Interlaken dan Sekitarnya

Thanks to pasangan teman baik yang datang berkunjung beberapa minggu lalu, akhirnya saya berkesempatan mengunjungi salah satu tujuan wisata paling terkenal di Swiss: Interlaken, yang merupakan bagian dari Bernese Oberland/Bernese Highlands.

Siapa tahu rekan-rekan ada yang butuh panduan merencanakan perjalanan ke Interlaken, berikut saya bagi pengalaman kami.

DSC01163
Pemandangan dari Harder Kulm, Interlaken.

1 hari? 2 hari? 3 hari?

Kami berangkat dari Zurich ke Interlaken hari Sabtu pagi, dan kembali Minggu sore. Dengan waktu dua hari satu malam, kami sempat mengunjungi Interlaken (naik ke Harder Kulm), Grindelwald (bermalam di sana), dan Lauterbrunnen.

Kalau ingin santai ambil waktu untuk hiking atau mencoba kegiatan outdoor seperti paragliding, sebaiknya berkunjung paling tidak 3 hari.

Bermalam di mana?

Kebanyakan rute destinasi di Bernese Oberland melewati Interlaken-Ost. Menginap di sekitar Interlaken-Ost punya kelebihan lokasinya sentral.

Kami memilih bermalam di Grindelwald, dan kalau harus kembali lagi ke daerah Interlaken, saya akan memilih untuk menginap di Grindelwald lagi. Desanya cantik, tapi ngga sepi (dibandingkan dengan Lauterbrunnen). Banyak pilihan hotel, restoran, dan kafe.

DSC01191
Pemandangan dari pusat kota Grindelwald.

Kami menginap di Jungfrau Lodge Annex Crystal. Lokasinya <10 menit jalan kaki dari stasiun kereta, dengan view kamar menghadap Eiger.

Itinerary dan Kegiatan

Interlaken: naik ke puncak Harder Kulm untuk mendapat pemandangan kedua danau yang mengelilingi Interlaken, dan puncak bersalju Jungfrau. Sesampai di Interlaken Ost, kami berjalan sekitar 15 menit sampai stasiun kereta funicular tujuan Harder Kulm. Harga tiket sekali jalan 16CHF (diskon kalau punya Swiss Travel Pass).

Grindelwald: di Grindelwald, kami memutuskan berjalan santai menikmati pemandangan menyusuri lembah di dekat hotel, dilanjutkan dengan naik ke arah pusat kota untuk makan malam. Di dekat stasiun kereta, ada sports center yang bisa menjadi pilihan untuk berenang, atau sekadar nonton orang-orang main ice hockey. Di sebelah sports center ada tempat bermain mini golf outdoor.

Lauterbrunnen: kami menuju Lauterbrunnen keesokan pagi sesudah sarapan di Grindelwald. Konon, Lauterbrunnen adalah inspirasi untuk middle earth di rangkaian cerita Lord of The Rings. Tujuan kami di Lauterbrunnen ada dua: Staubachfalls (air terjun landmark Lauterbrunnen), dan Trummelbachfalls (kumpulan air terjun glacier di dalam gunung).

Staubachfalls terletak 10 menit jalan kaki dari stasiun kereta Lauterbrunnen. Trummelbachfalls bisa didatangi dengan menaiki bus 10 menit dari pusat Lauterbrunnen, tetapi kami memilih untuk berjalan kaki (yang akhirnya memakan waktu satu jam – untung pemandangannya bagus).

DSC01274

Untuk naik ke glacier falls di Trummelbachfalls, kita dikenakan biaya 11CHF per orang. Naik lift sampai atas, kami lalu menikmati 5 dari 10 air terjun glacier yang lokasinya di bawah gunung.

Perhatian! Meskipun naik ke atas untuk melihat air terjun glacier bisa naik lift, di dalam gunungnya sendiri banyak tangga dan licin. Kalau ngga biasa banyak naik tangga, sebaiknya Trummelbachfals di-skip saja. 

Dari Lauterbrunnen, kami lalu mengakhiri perjalanan kami di Interlaken dengan fondue coklat.

IMG_0972

Adakah lokasi di Swiss yang sejak lama ada di bucket list-mu?

-E.


Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.