Tips Tempat Mencari Info S3 dan Waktu Mendaftar S3

Dulu ketika hendak melamar S3, saya mencari informasi lowongan S3 dari berbagai situs (bisa dilihat di bawah artikel ini), tapi kali ini saya akan bicara tentang satu cara yang menurut saya bisa membantu memberikan informasi tambahan yang biasanya tidak kita dapatkan di situs-situs lowongan PhD.

Kontak mahasiswa S3 di grup yang Anda minati. Langkah yang lazim dilakukan ketika hendak mendaftar S3 adalah mencari profesor yang bekerja di bidang riset yang kita minati dan menghubunginya untuk menanyakan kesempatan S3 di grup atau labnya. Realitanya, kebanyakan profesor sibuk dan tidak punya waktu untuk membalas email kita.

Menurut saya, jauh lebih efektif menghubungi mahasiswa S3 yang bekerja di grup profesor tersebut. Situs grup atau lab biasanya mempunyai daftar mahasiswa yang masih aktif di grup tersebut beserta email mereka. LinkedIn juga bisa menjadi tempat yang memudahkan kita mencari koneksi ke mahasiswa PhD di kampus atau grup sasaran kita.

Selain menanyakan apakah suatu grup/lab sedang mencari mahasiswa S3 baru, kita bisa mencari tahu arah riset grup tersebut untuk saat ini dan menilai apakah arahnya masih sesuai dengan minat kita. Biasanya situs grup/lab melampirkan daftar proyek atau publikasi yang sudah mereka kerjakan, tapi ini tidak menjadi patokan proyek riset yang akan mereka kerjakan dalam waktu dekat.

Contohnya, grup tempat saya menjalani post-doc hingga dua tahun lalu mengerjakan proyek-proyek terkait broadcasting technology dan wearables. Tetapi, sejak tahun lalu, proyek baru yang mereka kerjakan fokus pada teknologi Virtual Reality (VR). Jika saya hanya berpatokan pada informasi proyek mereka yang lalu, saya tidak akan tahu bahwa ada potensi mengerjakan topik VR di grup tersebut.

Menjalin kontak dengan mahasiswa S3 di grup yang kita minati juga bermanfaat untuk nantinya menanyakan kultur kerja di grup tersebut. Apakah mahasiswa S3 di grup tersebut mendapat supervisi/bimbingan yang baik? Apakah profesor di grup tersebut cenderung santai dan bebas diajak berdebat atau berdiskusi, atau termasuk tipe yang hierarkis (gue bos, elu mahasiswa)? Apakah kita punya banyak kesempatan untuk networking  di conference, atau profesor lebih menargetkan publikasi jurnal?

Terus terang, saya ngga terlalu memikirkan hal-hal di atas ketika memulai S3 saya, tapi untungnya saya dapat pembimbing dan grup yang cocok dengan saya. Ngga sedikit orang-orang yang kecewa atau tidak cocok dengan profesor atau grup mereka, sehingga S3 mereka tersendat atau mereka jadi depresi. Jika kita bisa mencari tahu informasi ini sebelumnya, tentu lebih baik.

Daftar situs sumber informasi lowongan S3

* Situs-situs ini kebanyakan berdasarkan pengalaman saya mencari S3 di Eropa, bidang Computer Science atau teknik/science pada umumnya. Jika ada yang mau menambahkan untuk area lain, silakan tinggalkan komentarnya. :)

1. Academic Positions EU
2. Find a PhD
3. Researchgate
4. Halaman lowongan kerja/PhD universitas/kampus.
Tidak semua kampus/universitas mempunyai halaman lowongan kerja (contoh yang punya: TU Delft, EPFL), tapi biasanya tiap kampus punya tautan ke halaman grup atau lab di bawah masing-masing fakultas, yang mencantumkan informasi bagi calon mahasiswa PhD.
5. Halaman lowongan pusat penelitian/research institute, contohnya CWI di Amsterdam untuk bidang matematika dan computer science, Max Planck Institute

Kapan sebaiknya mencari dan mendaftar S3?

Sepanjang tahun. Biasanya penerimaan mahasiswa S3 tidak mempunyai timeline yang terstruktur seperti program S2 atau S1. Ada beberapa universitas yang mencoba membuatnya terstruktur, seperti EPFL yang mempunyai deadline pendaftaran di bulan Januari, April dan September, tetapi pada dasarnya, Anda bisa mendaftar S3 kapan saja.

Waktu mulai S3 pun tidak tergantung waktu Anda mendaftar, terutama karena seringkali proses mengurus visa memakan waktu yang lama. Saya mengirimkan lamaran saya ke TU Delft sekitar bulan Mei 2013, kemudian wawancara bulan Juni, dan akhirnya mulai S3 saya bulan Desember tahun yang sama. Kolega saya yang timeline pendaftarannya sama dengan saya, memilih untuk mulai bulan Januari tahun berikutnya.

Bagaimana pengalaman Anda yang saat ini sudah atau sedang S3? Dari mana Anda mendapat informasi program S3 yang Anda jalani? Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan!

– E.


2 thoughts on “Tips Tempat Mencari Info S3 dan Waktu Mendaftar S3

  1. Infonya sangat jelas dan bermanfaat~!^^ Terima kasih. Kalau boleh tahu, sumber dana kuliahnya dari beasiswa kampus, lab atau pribadi ya? (Dan bagaimana cara applynya?)

    Saya kuliah S3nya di Korea Selatan. Waktu itu tahu tentang kampus saya karena ada pengumuman pencarian mahasiswa di kampus tempat saya ada. Saya juga setuju sekali tentang cari lab paling baik dengan hubungi mahasiswa (kalau bisa yang senegara) di kampus tujuan, karena kemungkinan besar, sudah ada perkumpulan mahasiswa negara kita yang senang bantu beri info.

    Ditunggu ya artikel selanjutnya :)

    1. Wah makasih Ka Ivan udah mampir!

      S3 saya di TU Delft dibayar oleh kampus, jadi ngga perlu cari beasiswa. Mungkin berikutnya saya tulis lebih detil deh tentang biaya S3. :)

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.