Memulai Babak Baru, Kilas Balik Masa S3

Seminggu sebelum saya menikah bulan April lalu, akhirnya draft final S3 saya disetujui oleh promotor (profesor/pembimbing utama) saya. Artinya, saya sekarang bisa menentukan tanggal sidang/defence, dan mengirimkan thesis saya kepada committee/penguji sidang yang akan memeriksa thesis saya sebelum didiseminasikan kepada publik.

Empat tahun rasanya lewat begitu saja. Sedihnya, selama empat tahun ini, saya tidak banyak menulis di blog ini. Alasannya sepele sih. Saya merasa blog ini kehilangan arah dan format yang jelas. Di saat bersamaan, banyak kesibukan yang menyita tenaga  saya untuk benar-benar mengurus blog ini.

Saya memulai S3 saya di TU Delft, Belanda, akhir tahun 2013. Kontrak saya dengan TU Delft selesai akhir tahun 2017 lalu (di Belanda dan Eropa pada umumnya, mahasiswa S3 berstatus pegawai kampus dengan kontrak kerja), dan saya sempat menjalani kontrak post-doc selama 4 bulan di pusat penelitian CWI di Amsterdam. Di akhir kontrak post-doc saya, saya memutuskan untuk fokus menyelesaikan draft thesis S3 saya, menikah, dan sekarang mencari tantangan baru di tempat lain.

Sekarang, saya bisa merenungkan masa-masa S3 saya dengan pikiran yang tidak terdistraksi oleh deadline dan thesis. Akhirnya, saya memutuskan untuk merilis ulang blog ini dan menuliskan pengalaman-pengalaman saya serta informasi yang menurut saya bisa berguna bagi yang sedang berpikir untuk melanjutkan S3 atau tidak. Berhubung selama S3 saya ngga cuma mendem di kantor (having a balanced life is important to me, thank you very much), saya juga akan berbagi kisah-kisah lainnya.

Mudah-mudahan blog saya ini bisa menghibur dan berguna.

*Kalau ada topik khusus yang Anda inginkan untuk saya bahas, silakan tuliskan di kolom komentar.

– E.


Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.