Kelas Memasak OME di Seoul

Awal tahun ini, saya sempat ditugaskan ke Gwangju di Korea Selatan untuk menghadiri meeting. Berhubung udah jauh-jauh ke Korea, saya putuskan untuk cuti sesudahnya dan tinggal empat hari lebih lama untuk pergi ke Seoul.

Masalah saya saat itu hanya satu: ngga ada teman jalan.

Ini kedua kalinya saya ke Seoul. Kota ini cukup aman dan nyaman untuk dijajaki sendirian, tapi saya ngga suka ngga punya teman ngobrol. Apalagi empat hari. Akhirnya kali ini saya putuskan untuk mencoba mengikuti aktivitas grup yang banyak ditawarkan di Tripadvisor dan AirBnB. Di kedua website ini ada pilihan menu “Things to Do” dan “Experiences”, dengan sub-kategori “Classes & Workshops” berdasarkan lokasi yang kita tuju.

Saya memilih untuk mengikuti kelas masak. Lebih dari malas jalan sendiri, saya malas makan sendiri. Biasanya kelas memasak diakhiri dengan makan bersama, jadi sekalian deh. Kisaran harga kelas memasak 40000-60000 WON, dengan durasi sekitar 3 jam, dan 4 menu atau lebih. Sebaiknya perhatikan atau tanya untuk memastikan kebijakan pembatalan ikut kelas, agar tidak dirugikan jika akhirnya tidak bisa datang. AirBnB, misalnya, hanya mengembalikan uang secara penuh 24 jam setelah reservasi. Lebih dari itu, uang kita akan dipotong. Tapi bisa saja kita nego dengan host atau organizer kelasnya langsung, dan menjelaskan kondisi kita.

Kelas memasak yang saya ikuti adalah OME Cooking Lab. Kelas ini ada di Tripadvisor, dan juga direkomendasikan di situs resmi pariwisata Korea Selatan. Menu yang diajarkan berbeda dari hari Senin sampai Minggu (lihat gambar). Saya ikut kelas hari Jumat, jadi menunya Bibimbap. Selain itu, kami memasak 6 jenis makanan lainnya, termasuk sup, bulgogi, japchae, dan pajeon (Korean savory pancake). Di awal pertemuan, peserta dibawa keliling supermarket lokal (biasanya dibawa keliling pasar, tapi waktu saya ikut kelas, temperaturnya -20 Celcius, jadi pasar tutup).  Di sini, instruktur workshop menjelaskan dengan detil bahan-bahan khas Korean cuisine, dan bagaimana memilih bumbu dasar yang tepat untuk macam-macam jenis masakan. Di akhir kelas, setiap peserta dikirimi resep lengkap semua yang telah dimasak di kelas via email.

 

Saya puas banget sih dengan pengalaman ikut OME Cooking Lab ini. Makanannya beneran enak, dan berhubung resepnya beda-beda tiap hari, rasanya jadi ingin ikut setiap kelas yang mereka tawarkan. Apa daya, duit ngga tumbuh di pohon, dan Korsel bukan negara tetangga. Ha.

Bagaimana pengalaman Anda mengikuti kelas atau aktivitas grup saat travelling?

-E.


One thought on “Kelas Memasak OME di Seoul

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.